Inilah Info Biaya Pendaftaran Hak Paten Buat Kamu Yang Ingin Mendaftarkan Merk

Paten sendiri merupakan bentuk perlindungan pada hak kekayaan intelektual untuk satu karya yang sifatnya inveksi ataupun teknologi dan mengandung pemecahan teknis di masalah yang terdapat pada teknologi sebelum-sebelumnya. Agar dapat memperoleh hak paten, sebuah produk ataupun invensi musti memenuhi syarat substantif, dimana antara lain baru, memiliki langkah inventif serta dapat diterapkan secara industri.

Hak Paten

Jika invensi itu diajukan permohonannya serta mendapatkan tanggal penerimaan 15 Agustus 2017, maka publikasinya di tanggal 14 Agustus 2017 dapat menggagalkannya untuk memperoleh hak paten sebab dianggap tidak baru. Memiliki langkah inventif, artinya paten bisa diberikan kepada invensi yang tidak obvious ataupun tidak bisa diduga, untuk orang yang mempunyai kemampuan di bidang terkait. Bisa diterapkan secara industri, yakni sebuah invensi musti bisa melaksanakan produksi dengan cara berulang-ulang, konsisten dan tidak berubah.

Orang-orang yang menciptakan invensi, entah itu sendiri ataupun bersama beberapa orang dinamakan dengan inventor. Ialah yang berhak memperoleh paten dari invensi yang diciptakannya serta siapa saja (di luar inventor) yang berminat memilikinya wajib mendapatkan pengalihan hak dari inventor dengan tertulis. Ada baiknya, sebuah invensi dipatenkan dengan secepatnya sebab dalam hal ini ada prinsip siapa cepat, dia yang dapat.

Hak Kekayaan Intelektual

Paten ini sifatnya time-sensitif, jadi waktu pengajuan permohonan adalah faktor yang amat penting. Untuk mengajukan hak paten kepada Ditjen HKI, pemohon ataupun pendaftar musti melewati sejumlah proses, yakni mengisi formulir serta melampirkan seluruh kelengkapan, kemudian verifikator bakal memantau kelengkapan itu serta memberikan perintah kepada pemohon untuk membayar dengan total biaya pendaftaran paten. Pemohon dapat membayarnya lewat rekening bank yang ditunjuk, lalu menyerahkan bukti pembayaran. Sehabis itu, pemohon bisa memberi formulir yang diisi, keutuhan lainnya serta bukti pembayaran kepada petugas loketĀ https://www.daftarpatenindonesia.com/tentang-kami/

Berikutnya, permohonan bakal diproses sesuai aturan perundang-undangan sampai dengan diluncurkannya keputusan akhir. Untuk Kamu yang ingin paham biaya untuk mendaftar hak paten, inilah rinciannya berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 45 tahun 2016: Paten UMKM, Lembaga Pendidikan serta Litbang Pemerintah. DisampingĀ paten, Ditjen HKI pun menerima pendaftaran merk sebuah produk. Langkah-langkahnya serupa dengan pengajuan paten di atas, yakni pemohon musti melalui sejumlah tahapan juga membayar pendaftaran hak paten agar mendapatkan hak merk dari produk yang didapat. Langkah-langkahnya diawali dari mengisi formulir serta menyertakan seluruh keutuhan yang dibutuhkan serta berakhir di proses lebih lanjut yang dilakukan oleh Ditjen HKI. Namun, rincian biaya untuk pendaftaran merek tidak sama, yakni: Permohonan Pendaftaran Merek serta Permintaan Perpanjangan Perlindungan Merk Terdaftar Untuk UMKM. Biayanya ada yang lebih murah daripada biaya pendaftaran hak paten, namun ada juga yang lebih mahal. Masa perlindungan hak merk tersebut ada sampai 10 tahun dari tanggal penerimaan, jadi misalkan diterima di 3 Maret 2015, maka perlindungannya bakal berakhir di 3 Maret 2025.

Masa perlindungan itu dapat diperpanjang 10 tahun (baca selengkapnya) dengan terus menerus. Pemegang hak merk dapat mengajukan perpanjangan semenjak satu tahun sebelum berakhirnya perlindungan, jadi jika dalam contoh tadi 3 Maret 2024. Syarat-syarat perpanjangan merek ialah formulir yang dibuat rangkap empat dan diisi secara lengkap, fotokopi sertifikat merek yang hendak diperpanjang, surat pernyataan hak, surat kuasa (jika diperlukan), fotokopi identitas pemohon, fotokopi akta Pendirian Badan Hukum yang telah dilegalisir serta NPWP (bila pemohon adalah bahan hukum), fotokopi identitas orang yang bakal menandatangani surat kuasa serta surat pernyataan dan membayar total biaya perpanjangan merk. Bila Kamu ingin tahu informasi biaya pendaftaran hak paten lebih detail, ada baiknya segera datang ke kantor Ditjen HKI ataupun mengontaknya lewat telepon/email.

Leave a Reply

Your email address will not be published.